Koleksi Taman


Taman Rhododendron

Taman ini dibangun untuk mengakomodasi koleksi jenis-jenis Rhododendron sekaligus sebagai tempat rekreasi karena dirancang dengan nilai estetika yang tinggi sehingga nyaman dilihat. Koleksi yang ada terdiri dari jenis-jenis asli Indonesia, seperti R. javanicum dan R. macgregoriae, jenis-jenis introduksi seperti R. mucronatum dan R. sinense dari Jepang, dan jenis-jenis hibrida.

Di tempat ini Anda akan menemukan beberapa koleksi bunga Rhododendron dengan susunan warna-warna menarik dan koleksi tanaman jenis Agave dan Aloe yang dilatarbelakangi oleh gemercik air terjun kecil dan air yang melintasi jalan aspal.

Taman Sakura
Taman ini dibangun pada tanggal 16 April 2007. Kawasan ini luasnya 5.000 m2. Jumlah tanaman ini sekitar 400 jenis termasuk dengan tanaman yang masih kecil. Pemeliharaannya dilakukan dengan penyiraman yang dilakukan sehari dua kali jika musim kemarau, pemupukan dengan kompos dan pembuangan ranting- ranting yang sudah kering. Untuk pembungaannya biasanya prunus berbunga dua kali dalam setahun, yaitu antara bulan Januari – Februari dan antara bulan Agustus – September. Jika sedang berbunga akan menjadi sebuah pemandangan yang indah.

Koleksi Tanaman Obat

Areal kebun obat ini dibangun pada tahun 1996 dengan tujuan untuk mendokumentasikan jenis-jenis tumbuhan yang mempunyai manfaat sebagai obat dan digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia. Beberapa koleksi merupakan tumbuhan yang sudah langka dan hampir punah di alam, antara lain Ki Jiwo (Euchresta horsfieldii), Pulasari (Alyxia reinwardtii), dan Ki Rapet (Parameria laevigata).

Tanaman Centella asiatica (Pegagan/Antanan) sangat baik untuk wanita yang baru melahirkan, Sonchus arvenis Linn. (Tempuyung) dapat digunakan untuk mengobati batu ginjal, daun dari Euchresta horsfieldii Benn. digunakan untuk bronchiti, Plantago major Bert. ex Barn atau Ki Urat yang dipercaya untuk mengobati penyakit diabetes melitus.

Taman Lumut

Keinginan Kebun Raya Cibodas untuk mengungkap kekayaan alam Indonesia, berakhir pada sebuah ide pembuatan Taman lumut yang mengkoleksi spesimen hidup lumut di Kebun Raya Cibodas. Salah satu tugas pokok yang dimiliki Kebun Raya Cibodas adalah mengkonservasi jenis-jenis flora, khususnya untuk flora dataran tinggi basah yang sesuai dengan kondisi habitat yang dimiliki Kebun Raya Cibodas. Oleh karena itu, dibangunlah Taman lumut, dengan salah satu tujuannya untuk memperkuat fungsi dan tugas utama Kebun Raya Cibodas dalam bidang konservasi secara ex situ. Selain itu, taman ini dimaksudkan sebagai sarana pendidikan, penelitian, pengembangan dan rekreasi. Sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan nilai konservasi keragaman jenis-jenis lumut dan apresiasi masyarakat terhadap keragaman lumut, serta menambah taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu situs yang bisa menarik perhatian pengunjung.

Pembangunan Taman Lumut di Kebun Raya Cibodas, merupakan Taman Lumut pertama yang ada di Indonesia. Bahkan Indonesia adalah negara tropik pertama di dunia yang memiliki koleksi lumut outdoor. Di beberapa negara di daerah subtropik (Jerman, Singapura) juga terdapat taman/koleksi lumut, hanya saja karena iklim yang tidak mendukung, kebun tersebut pada umumnya berada di dalam ruangan.

Kebun Raya Cibodas selalu berusaha untuk menambah koleksi dengan mencari dan mengeksplor beberapa daerah yang tumbuhannya belum dikoleksi Kebun Raya Cibodas. Selain itu untuk menambah informasi, Kebun Raya Cibodas di dukung oleh staff peneliti melakukan penelitian-penelitian dibidang flora dan konservasinya.

Koleksi Paku-pakuan

Kebun Raya Cibodas memiliki iklim yang sesuai untuk pertumbuhan berbagai jenis paku-pakuan. Curah hujan dan kelembaban yang tinggi sangat sesuai sebagai habitat paku-pakuan dan kerabatnya. Saat ini Kebun Raya Cibodas telah mengoleksi ± 135 jenis, 24 suku paku-pakuan dan kerabatnya. Koleksi ini tertata dengan baik dalam kebun dan rumah paku Kebun Raya Cibodas. Selain tanaman koleksi di dalam kebun juga tumbuh ± 81 jenis, 22 suku paku-pakuan yang tumbuh liar.

2 responses to “Koleksi Taman

  1. is ok.., indah dan keren sekali,, seger tu buat di liat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s