Outbound


Ayo unjuk gigi😀 , siapa yang tak tak tahu tentang Outboud? heu..heu…. Kebanyakan orang tahu tentang yang satu ini. Pelatihan outbound merupakan hal yang penting dalam melatih softskill seseorang. Dengan adanya outbound training maka peserta didik dengan menggunakan metode Outbound training di lapangan dapat memertajam softskill mereka. Banyak tempat outbound menawarkan paket yang manarik. Biasanya tempat outbound menarget perusahaan, organisasi, dan sekolah yang mempunyai banyak peserta dan tempat outbound akan memberikan “pelatihan” khusus di mana tempat outbound memberikan pelatihan untuk softskill mereka.

Banyak sekali jenis games outbound. Meliputi games outbound yang mengandalkan kerjasama tim dan game yang memaksimalkan daya pikir perseorangan. Game outbound yang berkualitas menuntut mereka harus kreatif (heu…heu… nah tuh). Games outbound biasanya memerlukan daya juang tinggi untuk menyelesaikannya. Tak jarang game outbound terlihat sulit, mustahil dan berbahaya, padahal game outbound ini didesain aman karena di tuntut kerjasama kelompok dalam memainkan game tersebut.

Sebenarnya apa sih outbound itu? Yang sudah tahu, boleh deh tersenyum… heu..heu… Yuk simak sejarah singkatnya. Mariiiiiiii…….

Sejarah outbound
Outbound berasal dari kata out of boundaries, yang berarti keluar dari batas. Merupakan istilah di bidang kelautan, yang menandakan saat-saat sebuah kapal keluar dari dermaga, melewati batas perairan (maaf Kalo salah memaknainya….he..he..).

Seorang pelaut Inggris bernama Kurt Han pada tahun 1800-an melihat fenomena yang terjadi pada pelaut di kapalnya. Pelaut-pelaut muda yang masih kuat secara fisik, ternyata kurang tangguh dalam menghadapi kerasnya kehidupan pelayaran. Justru pelaut-pelaut yang sudah lebih tua, yang secara fisik sudah mengalami penurunan, mampu memecahkan berbagai masalah kompleks yang timbul. Hal ini bukan semata karena pengalamannya lebih banyak, tetapi lebih karena keterampilan-keterampilan personal seperti daya juang, kemampuan kepemimpinan, problem solving, dan lain-lain. Hal ini menarik perhatian Sang pelaut Inggris ini, dan kemudian melakukan pelatihan bagi setiap anak buahnya. Pelatihan dilakukan selama 30 hari di atas kapalnya. Dan bravo……. terbukti, kegiatan ini mampu mengembangkan kemampuan mereka dalam menghadapi masalah-masalah yang terjadi. Begitu cerita singkatnya…!🙂

Penggunaan outbound
Saat ini pelatihan outbound banyak digunakan untuk banyak hal. Di perusahaan, tujuannya antara lain untuk orientasi dan pemetaaan, pengukuran atau assessment, dan bahkan pelatihan dan pengembangan. Dari kegiatan di luar ruangan ini, akan nampak perilaku-perilaku asli yang kadang tidak muncul dalam kehidupan keseharian kita. Harapannya, ketika kita mampu memecahkan masalah dalam pelatihan outbound, spirit tersebut dapat membantu kita mengembangkan diri menghadapi hal lain yang lebih kompleks. Di sekolah, tujuannya yaitu selain untuk wisata juga untuk melatih daya pikir para siswa dan bertindak lebih sensitif terhadap kejadian yang terjadi di sekitar lingkungannya. Selain itu juga untuk meningkatkan daya juang untuk lebih giat belajar, meningkatkan kerjasama, kekompakan, kepedulian, dan kreatifitas.

Peserta outbound training tidak akan dihukum bila lupa membawa ponco/jas hujan, tetapi konsekuensinya dia akan basah saat hujan. Disadari atau tidak, filosofi pelajaran dari alam mengajarkan kita untuk mengembangkan softskill yang kita miliki. Hal ini sangat mendukung pengembangan karakter diri kita, yang bermafaat bagi pekerjaan, sekolah, maupun bidang kehidupan kita yang lain.

Siapa pelakunya?
Selain pelatihan yang bersifat teknis (komputer, Bahasa Inggris, perpajakan), banyak yang berkonsentrasi pada softskill (attitude, motivasi, atau leadership). Di isi softskill ini pelatihan outbound banyak dilakukan, karena untuk keterampilan-keterampilan ini tidak dapat dilaksanakan berdasarkan textbook atau coaching. pelatihan outbound dilaksanakan oleh instansi-instansi yang memang berkonsentrasi di bidang outdoor, khususnya pelatihan. Instruktur ataupun fasilitator yang sudah berpengalaman akan berperan membantu peserta untuk aktif berkegiatan, sehingga peserta dapat ‘memetik sesuatu’ dari setiap kegiatan yang dilakukan.

Penasaran and ingin segera mencobanya?………….. Hubungi saya Koala Adventure Park, Outbound Kebun Raya Cibodas

Take Action…!

Baca Juga Pesuy’s Outbound

Bookmark and Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s