Kebun Raya Cibodas


Kebun Raya Cibodas

Adalah satu hal yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang tentang tempat yang satu ini. Tempat yang menawarkan aroma kesejukan alam yang asri, segar, penuh ketenangan dengan suasananya yang nyaman. Tempat yang sering dijadikan kebanyakan orang sebagai tempat penghilang rasa jenuh setelah sibuk dengan berbagai pekerjaan yang menguras pikiran dan tenaga. Terutama bagi mereka yang ingin menghilangkan penat suasana kota, maka Kebun Raya Cibodas adalah obat mujarab untuk menghilangkannya.

Pada dasarnya Kebun Raya Cibodas merupakan tempat penelitian berbagai jenis tumbuhan. Di dalamnya terdapat bermacam koleksi tumbuh-tumbuhan dari berbagai habitat asalnya. Contohnya saja bunga Sakura asal Jepang. Dimana di tempat aslnya, yaitu negara Jepang, bunga Sakura hanya berbunga 1 kali dalam setahun. Namun, di Kebun Raya Cibodas Sakura dapat berbunga 3 kali dalam setahun. Hal ini terjadi berkat berbagai penelitian yang dilakukan di Kebun Raya Cibodas.

Selain bunga Sakura ada banyak jenis tumbuhan lainnya yang ada dan tumbuh dengan baik di Kebun Raya Cibodas ini. Koleksinya antara lain Kaktus, Anggrek, Paku-pakuan, jenis tanaman obat, dan lain-lain, bahkan jenis tanaman langka. Tumbuhan yang dikoleksi semuanya mempunyai dasar ilmiah dan informasi tentang hal itu tertata dengan baik. Maka tak menherankan beberapa peneliti sering menjadikan koleksi tanaman di Kebun Raya Cibodas sebagai bahan referensi.

Penasaran? Tak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk berkunjung ke Kebun Raya Cibodas ini. Sekedar main, belajar, atau hanya numpang lewat saja, anda akan menjumpai pengalaman yang tidak akan ada di tempat lain. Selamat berkunjung.

Baca juga, Seluk Beluk Kebun Raya Cibodas, Koleksi Taman, dan Oleh-Oleh.

Sumber referensi: http://www.krcibodas.lipi.go.id

Tinggalkan komentar